19 Februari 2012

Tugas 1 - contoh Proyek IT

Contoh Proyek IT pdf version Disini

Proyek IT dikatakan sukses apabila memenuhi beberapa kriteria, yaitu pengerjaaan proyek tepat waktu sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang direncanakan, dan sistem dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan. Namun dalam kenyataanya banyak proyek yang masuk dalam kategori Challenged (overtime dan over budget) atau bahkan masuk kedalam kategori failed (gagal). Dari hasil penelitian bahwa faktor terbesar penyebab kegagalan ini bukan berasal dari masalah teknis, melainkan faktor manajemen yang dalam hal ini adalah kemampuan dalam melakukan manajemen proyek. Berikut contoh proyek TI yang berhasil dan proyek TI yang gagal (Terbengkalai).

Contoh Proyek TI yang berhasil
Proyek e-Learning Gratis
IlmuKomputer.Com




IlmuKomputer.Com didirikan oleh Romi Satria Wahono. Proyek ini dimulai sejak awal 2003. Proyek ini telah dipresentasikan di konferensi temu ilmiah PPI Jepang di Osaka pada bulan September 2003. IlmuKomputer.Com juga telah terpilih mewakili Indonesia dalam world summit award 2003 (WSIS) yang diselenggarakan oleh PBB dalam kategori e-learning.
Saat ini situs eLearning gratis IlmuKomputer.Com telah mencapai hit harian (daily hits) ratusan ribu, dan diakses dari pengguna dengan domain-domain universitas di Indonesia (ITB, UI, UGM, ITS, USU, berbagai STIK, dsb.). IlmuKomputer.Com juga telah di-index dan di-review oleh puluhan search engine dunia maupun Indonesia.
Disamping menjalin kerjasama dengan beberapa organisasi dan komunitas TI Indonesia dalam dan luar negeri, beberapa penerbit buku di Indonesia juga telah berencana untuk menerbitkan dalam bentuk buku beberapa kuliah berseri di IlmuKomputer.Com. Tak kalah pentingnya, IlmuKomputer.Com juga berhasil mengundang kontribusi tulisan dari peneliti dan praktisi teknologi informasi dan ilmu komputer indonesia baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri (Jepang, Amerika, Australia, Jerman, dan sebagainya). Misi utama proyek ini adalah mengambil bagian dalam usaha mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam pendidikan ilmu komputer. Materi dari situs ini tersedia dalam format PDF yang dapat diperoleh dengan gratis dan siap di-download. Namun demikian, manajemen situs ini tetap mengedepankan arti penting penghargaan terhadap hak kekayaan intelektual. Paling tidak, ini diwujudkan dengan tetap ditampilkannya data lengkap penulis/nara-sumber dari setiap dokumen atau dalam istilah lisensi bebas.
IlmuKomputer.Com juga mengajak masyarakat Indonesia di manapun berada untuk berbagi pengetahuan melalui tulisan dengan format dan prosedur pengiriman tulisan yang tersedia sehingga mempermudah Anda dalam menulis artikel. Anda juga dapat mengikuti forum diskusi ilmukomputer@yahoogroups.com. Update informasi materi IlmuKomputer.Com dan juga diskusi mengenai ilmu komputer dilakukan di milis ini. Tersedia juga Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger bagi pemula. Situs ini akan membuat Anda tercengang. Bahwa ada free resource dalam berbagai hal terutama dalam bidang perkembangan Informasi dan teknologi. Terlebih lagi situs ini merupakan karya anak bangsa dengan dukungan bahasa Indonesia secara penuh tentunya. Hal itu merupakan jawaban atas “ketakutan” orang awam terhadap perkembangan informasi dan teknologi karena kendala bahasa asing.

Adapun contoh proyek TI yang gagal:

PROYEK E.GOVERMEN SELAYAR
Beberapa tahun yang lalu di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Akan dibuat proyek IT ber-label E Goverment. Berita yang beredar, bahwa proyek tersebut berbiaya miliyaran rupiah. Dan dikatakan proyeknya ini sudah berjalan, namun sampai sekarang tidak terdengar output nyata yang dihasilkannya. Progress proyek ini sampai ke tahap final atau tidakpun tidak jelas. Sementara biaya yang diserap sudah tidak tergolong sedikit. Selayar sebetulnya sudah sedikit melangkah lebih maju, karena sudah mempunyai website http://www.selayar.go.id. Namun beberapa bulan terakhir, alamat ini tidak bisa diakses “This account has been suspended”. Dapat dibayangkan, investasi dalam proyek ini sudah pasti tidak tergolong kecil, proyek ini terbengkalai dan akhirnya sia – sia tidak terpergunakan sebagaimana mestinya. Padahal sebetulnya biaya maintenance atau pemeliharaan untuk fasilitas seperti ini tidaklah seberapa. “Buktinya, kami secara pribadi yang dari segi ekonomi tidak termasuk berlebih, bisa menangani Website Selayar”, admin dari redaksi selayar. Untuk domain go.id sampai detik ini belum membutuhkan biaya tahunan sebagai mana domain international seperti .com. Jadi pada dasarnya proyek IT oleh instansi pemerintah sebetulnya tidak terfokus hanya pada biaya dasar teknologi itu sendiri yang mahal, namun justru lebih kepada ‘penyakit’ lama proyek-proyek instansi pemerintah.


Sumber:
http://manajemenproyek.net/pentingnya-manajemen-proyek.html
Infotek Digital Journal Al-Manär Edisi I/2004. Copyleft 2004 Digital Journal Al-Manär
http://redaksiselayar.blog.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar